Bagian Keuangan Sulit Dihubungi, Rektor: Sabar untuk Sementara Ini
Bagian Keuangan Sulit Dihubungi, Rektor: Sabar untuk Sementara Ini
Bagian Keuangan Sulit Dihubungi, Rektor: Sabar untuk Sementara Ini
Bagian Keuangan Sulit Dihubungi, Rektor: Sabar untuk Sementara Ini
Bagian Keuangan Sulit Dihubungi, Rektor: Sabar untuk Sementara Ini

Bagian Keuangan Sulit Dihubungi, Rektor: Sabar untuk Sementara Ini

Sumber gambar: Ilustrasi oleh Konten LPM Progress

LPM Progress – Universitas Indraprasta PGRI (Unindra) memiliki sejumlah pelayanan untuk menunjang akademiknya yang tetap berjalan meski di tengah pandemi. Namun, apakah pelayanan tersebut tetap efektif bagi para mahasiswa?

Beberapa waktu lalu, Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Progress telah melakukan survei terkait Pelayanan Kampus di Unindra selama pandemi dengan mengajak mahasiswa untuk melakukan jajak pendapat di laman kuesioner yang disediakan. Survei ini dilakukan pada tanggal 9 Juni – 20 Juli 2021 dengan jumlah responden 217 mahasiswa Unindra.

Hasil survei menunjukkan, 30,6% responden mengaku tidak puas dengan bagian keuangan yang sulit untuk dihubungi melalui telepon maupun pesan singkat. Dari jumlah tersebut, 29,5% menyatakan cukup puas, 26,6% sangat tidak puas, 11,1% puas, dan 2,2% menyatakan sangat puas.

Dari hasil survei berikutnya, ada 25,1 % responden merasa tidak puas dengan bagian Biro Administrasi Akademik (BAA) yang juga sulit untuk dihubungi, baik melalui telepon maupun pesan singkat. Adapun 38% responden merasa cukup puas.

Sedangkan pada hasil survei Pelayanan Tata Usaha (TU) terdapat 34,3% responden yang merasa cukup puas dengan pelayanannya yang mudah dihubungi.

Tak hanya itu, sebanyak 36,9% responden merasa mudah mengunjungi perpustakaan selama pandemi.

Secara umum, angka ketidakpuasan responden tertinggi yakni pada pelayanan bagian keuangan dengan mencapai 30,6% responden. Ketidakpuasan mahasiswa dengan respon pelayanan keuangan membuat beberapa mahasiswa mengalami kesulitan untuk melakukan pembayaran, atau konfirmasi terkait dengan administrasi data yang tidak sesuai pada Sistem Informasi Kemahasiswaan dan Akademik (SIKA).

Hal ini dirasakan oleh Devi Permata Sari, Mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris semester 5 yang mengaku jika ia sempat beberapa kali menghubungi bagian keuangan dan baru sekali mendapat jawaban.

“Aku telepon (bagian keuangan) Jum'at lalu, tapi tagihan aku beda dari sebelumnya. Tagihan aku jadi bertambah, ada tagihan UAS, UPM, registrasi yang bulan lalu. Masalahnya, bayaran UKT aku udah lunas sampai Agustus 2021,” terang Devi (25/8).

Setelah berhasil menghubungi bagian keuangan, Devi mengaku jika total tagihan di SIKA bertambah, kemudian ia kembali mencoba menghubungi lagi bagian keuangan tetapi tidak ada jawaban walaupun teleponnya terhubung.

“Aku dari tadi (siang) coba telepon, tapi sibuk terus. Sekalinya nyambung, tapi tidak diangkat,” tambah Devi (26/8).

Berdasarkan informasi dalam rapat bersama Dosen Penasehat Akademik (PA), Sumaryoto selaku Rektor Unindra mengatakan, saat ini ada 5 nomor telepon (Untuk Kampus A: 02122788566, 02122788129, dan 02122787750 serta untuk Kampus B: 02187783420 dan 02187783421) untuk melayani masalah dan kendala dalam pembayaran oleh mahasiswa. Namun, hal tersebut belum sepenuhnya membantu mahasiswa mendapatkan jawaban terkait biaya administrasi.

Hal ini dirasakan oleh Nia Fauziana Putri, Mahasiswa Prodi Sejarah yang mengaku sudah menghubungi kelima nomor tersebut namun tetap tidak ada jawaban. Ia mengaku mengalami kesulitan dalam urusan pembayaran karena melihat perbedaan biaya yang tertera pada SIKA.

“Aku ngehubungin tiga hari selalu sibuk. Mau bayaran jadi bingung, di SIKA tidak jelas,” jawab Nia (25/8).

Menanggapi permasalahan tersebut, Sumaryoto mengatakan bahwa setiap harinya bagian keuangan selalu menerima pesan masuk lebih dari 600 pesan sehingga mahasiswa diharuskan untuk bersabar. Lebih lanjut, Sumaryoto menjelaskan bahwa sebagian besar masalah pelayanan sudah dibahas secara online dengan seluruh dosen PA, sehingga bagi mahasiswa yang memiliki kendala dan masalah dalam pembayaran dapat menanyakan kepada dosen PA masing-masing.

“Sabar untuk sementara ini, coba dilihat dengan cermat petunjuk teknik di Instagram dan situs web Unindra," tegas Sumaryoto saat di wawancarai via Whatsapp (23/8).

Wartawan : Muftihah Rahmah

Penulis : Shalsa Bila Inez Putri

Editor : Intan Yuninda Sari