SIKA Unindra Down, Jadwal Pengisian KRS Dijadwalkan Ulang

SIKA Unindra Down, Jadwal Pengisian KRS Dijadwalkan Ulang

Sumber gambar: freepik

*Tulisan ini telah melakukan perubahan judul dikarenakan adanya kesalahan pemilihan kata yang kurang tepat

LPM Progress – Melewati masa pergantian semester, mahasiswa Universitas Indraprasta PGRI (Unindra) dihadapkan pada kegiatan pengisian Kartu Rencana Studi (KRS). Seiring perkembangan teknologi juga keadaan yang masih di tengah pandemi, pengisian KRS yang sebelumnya dilakukan secara manual di kampus, kini, untuk pertama kalinya Unindra melakukan pengisian KRS secara online.

Berdasarkan surat edaran nomor 025/WR I/UNINDRA/VIII/2020, pengisian KRS secara daring dapat diakses oleh dosen dan mahasiswa dengan alamat website (URL) sika.unindra.ac.id pada hari ini (31/08) mulai pukul 10.00 WIB. Seharusnya sistem ini cukup memudahkan, mahasiswa tidak perlu lagi datang ke kampus, cukup duduk di depan layar monitor dengan syarat online, lebih mudah lagi bagi mereka yang menggunakan gadget, kapan pun dan di mana pun bisa mengisi KRS. Ini cukup efektif serta menghemat waktu juga tentunya memudahkan mahasiswa terutama yang bertempat tinggal jauh dari kampus.

Namun, sistem yang seharusnya memudahkan mahasiswa ini justru malah mengalami gangguan saat pertama kali penggunaannya. Banyak mahasiswa yang mengeluh dalam mengakses website tersebut, mulai dari website yang tidak bisa menampilkan halaman awal, tidak dapat log in, dan lainnya.

Seperti yang terjadi pada Ahmad Fakhri Burhanudin, mahasiswa semester tiga program studi Teknik Industri. Fakhri harus menunggu lama dan mencoba berkali-kali untuk dapat membuka website tersebut. Hasilnya, setelah waktu yang sudah terbuang sia-sia, website tidak juga kunjung menampilkan halaman utama.

“Sudah berkali-kali, tapi enggak bisa terus ih. Sampai bosen menunggunya. Mungkin kurang persiapan, soalnya kan Unindra baru tahun ini isi KRS online,” ujarnya saat diwawancarai melalui pesan singkat (31/08).

Fakhri juga mengungkapkan bahwa awalnya ia bisa mengakses website Sistem Informasi Akademik (SIKA) tersebut, namun setelah berhasil masuk, website tidak dapat difungsikan dengan semestinya.

Sama halnya dengan Fakhri, Putri Salsabila, mahasiswi semester tiga Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Indonesia juga mengalami hal yang sama.

Putri menuturkan bahwa pada pukul 07.52 WIB website SIKA masih bisa diakses, namun pada saat waktu yang telah ditentukan yaitu pada pukul 10.00 WIB website sudah tidak bisa diakses alias down.

Loading-nya lama. Situs tidak dapat dijangkau,” ungkapnya.

Menurut Putri, pengisian KRS secara daring ini kurang efektif, karena semua mahasiswa ingin mengisi berbarengan pada waktu yang telah ditentukan sehingga hal tersebut yang membuat website tidak dapat diakses.

“Coba kalau seperti pengisian offline, ada (penjadwalan) hari-harinya per fakultas jadi tidak terlalu lemot,” sarannya.

Baik Putri maupun Fakhri sama-sama mengharapakan sistem yang baik dalam pengisian KRS secara daring ini, karena jika website selalu bermasalah, hal tersebut sangat membuang waktu.

Kendala dalam pengisian KRS daring ini pun tidak hanya dialami oleh mahasiswa saja, dosen pun mengalami hal yang sama.

Syamsul Hadi, Dosen Penasihat Akademik Program Studi Pendidikan Ekonomi untuk kelas Reguler Sore, juga mengungkapkan kendala yang dialaminya dalam mengakses website SIKA tersebut.

Syamsul menjelaskan bahwa sejak mendapat pengumuman per tanggal 29 Agustus 2020 mengenai pengisian KRS daring ini, ia sudah mencoba setiap tiga jam sekali untuk mengakses website tersebut namun selalu gagal hingga hari ini Syamsul mencoba lagi pada pukul 13.00, namun masih tetap gagal.

Syamsul menduga bahwa semua dosen mengalami hal yang sama, hal itu terlihat dengan diberikannya pengumuman berupa kesulitan pengaksesan website yang berisi “Jika pada saat ini terjadi kesulitan dalam mengakses. Mohon pemakluman untuk menunda di waktu lain yang memungkinkan untuk mengakses lebih cepat”.

Menurutnya, saat ini sistem pengisian KRS secara daring yang dilakukan Unindra belum dapat dikatakan sukses.

“Sistem online dikatakan sukses kalau bisa log in dan transaksi atau registrasi berhasil. Hasil belum bisa maksimal bila log in harus berulang-ulang dan lambat proses akhirnya. (Namun) Adakalanya sistem bisa log in, tapi tidak bisa transaksi atau registrasi,” ujarnya saat diwawancarai (31/08).

Saat ditanyai mengenai rencana apa yang akan dilakukannya apabila website tetap tidak dapat diakses, Syamsul tidak dapat menjawab karena ia tidak mengetahui tentang Internal System (IS)-nya.

Dalam kendala ini, ia hanya meminta mahasiswa untuk menunggu dan mencoba log in website SIKA sampai berhasil.

Reporter LPM Progress juga mencoba menghubungi Ambar Tri Hapsari, selaku Kepala Biro Perencanaan dan Sistem Informasi (BAPSI) Unindra, untuk dimintai keterangan terkait server yang tidak dapat diakses. Namun, Ambar melempar pertanyaan yang diajukan kepada Irwan Agus, selaku Kepala Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Unindra.

"Untuk wawancara bisa dengan Pak Irwan Agus dari LPM Unindra, karena ia penanggung jawab dari sistem ini," ujarnya saat dihubungi (31/08).

Saat reporter LPM Progress mengonfirmasi kepada Irwan Agus perihal server yang tidak dapat diakses, tidak menghasilkan jawaban apapun. Hingga berita ini diterbitkan, ia tidak merespon pesan singkat dari reporter LPM Progress.

Sebagai jalan keluar dalam menghadapi website yang tidak dapat diakses, maka BAPSI Unindra mengeluarkan pemberitahuan yang berisi mengenai jadwal dalam pengisian KRS secara daring, berikut jadwal yang telah ditentukan:

Selasa, 01 September 2020 : Prodi Pendidikan Sejarah & Pendidikan Ekonomi

Rabu, 02 September 2020 : Prodi Bimbingan dan Konseling & Pendidikan Matematika

Kamis, 03 September 2020 : Prodi Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika & Teknik Industri

Jumat – Minggu, 04 – 06 September 2020 : Prodi Informatika

Senin, 07 September 2020 : Prodi Pendidikan Bahasa Inggris & Pendidikan Bahasa Indonesia

Selasa, 08 September 2020 : Prodi Desain Komunikasi Visual & Arsitektur

 

Penulis : Andini Dwi Noviyanthi

Editor : Gangsi Suci Rahayu