Webinar Series HMI Musthofa: Information Literacy and Competency Standards For Higher Education

Webinar Series HMI Musthofa: Information Literacy and Competency Standards For Higher Education

Keterangan gambar: Poster webinar series dengan tema: "Information Literacy and Competency Standards for Higher Education" (Sumber poster: HMI Musthofa)

 

 

LPM Progress — Webinar series yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Bandung Komisariat Musthofa ini telah sukses dilaksanakan secara daring melalui platform Zoom Meeting. Acara ini dilaksanakan pada tanggal 27, 29, dan 31 Januari 2021 dengan mengusung tema: "Information Literacy and Competency Standards for Higher Education", yang bermaksud untuk menumbuhkan budaya literasi kepada generasi muda di era globalisasi.

Cila selaku panitia pelaksana webinar series mengatakan bahwa tujuan pengambilan tema yang terkait dengan acara ini adalah untuk menambah ilmu pengetahuan mengenai standar literasi. Seperti yang diketahui, buku adalah jendela ilmu yang mengingatkan akan pentingnya literasi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Sedangkan, kini masih banyak anak muda yang malas untuk merangkai kata dan mereka lebih suka menyalin tulisan dari sumbernya langsung tanpa dibaca dan dipahami.

Cila juga menambahkan bahwa sebetulnya alasan utama dalam pembuatan acara webinar adalah sebagai upaya branding HMI Komisariat Musthofa sebagai eksistensi dan media pengenalan kepada masyarakat umum mengenai HMI Musthofa.

“Namun, besar harapan kami agar semua peserta dapat mendapatkan manfaat dari webinar ini dan bisa bersama-sama kita meningkatkan minat literasi masing-masing,” ungkap Cila saat diwawancarai via pesan WhatsApp, (01/02).

Acara webinar ini diisi dengan penyampaian materi yang terbagi menjadi tiga seri. Pada webinar seri I dengan judul "Bersama Meningkatkan Minat Literasi untuk Generasi Muda 4.0" oleh Alviani Sabillah (Ketua BEM STHI Jantera 2018-2022) sebagai pembicara, seri II dengan judul "Mengenal HMI untuk Menumbuhkan Minat Literasi" oleh Aidil Afdan Pananrang (Wasekjen PB HMI CEO Founder @dariskrg), dan webinar seri III dengan judul "Pentingnya Literasi untuk Melanjutkan Studi ke Luar Negeri" oleh Nikkolai Ali Akbar Velayati (President of Indonesian Student’s Association in the People’s Republic of China).

Peserta dalam acara ini tidak hanya diikuti oleh mahasiswa, tetapi terbuka untuk umum. Meskipun pada webinar seri pertama terdapat kendala teknis yang mengakibatkan terhambatnya penyampaian materi, acara tetap berjalan lancar dan mendapat antusiasme dari peserta.

“Saya berharap anak muda zaman sekarang tidak lupa akan pentingnya ilmu. Ilmu bukan hanya berbicara tentang sekolah, tapi lebih luas daripada itu. Jangan sampai dengan kemajuan teknologi menjadikan literasi mengalami kemunduran. Seharusnya (teknologi dan literasi) sama-sama maju dan meningkat (seiring) dengan kemajuan zaman," ujar Cila.

 

Reporter : Muftihah Rahmah

Penulis   : Intan Juniwiranti

Editor     : Fadia Aulia Tsani