Simpatisan Mahasiswa Lakukan GREBEK

Simpatisan Mahasiswa Lakukan GREBEK

*Judul ini telah diedit dalam hal kesalahan (01/07)

 

Sumber gambar: Dok/LPMProgress/Arriel Ahmadeuz Khrisna

 

LPM Progress - Rabu (26/5), simpatisan Organisasi Mahasiswa (Ormawa) dan mahasiswa umum berkumpul di sekretariat Ormawa Kampus B Universitas Indraprasta PGRI untuk melakukan kegiatan GREBEK (Gerakan Bersih-bersih Kampus) guna membersihkan area gedung sekretariat yang kotor dan kumuh, Segelintir simpatisan turun langsung dan gotong royong merapikan area samping sekretariat Ormawa yang ditumbuhi tanaman liar serta sampah-sampah lainnya. Gerakan yang dimulai dari pada pukul 14.00 WIB ini baru diwacanakan pada H-2 sebelum kegiatan dimulai. 

Bermulai dari ajakan dan obrolan di grup Ormawa untuk membersihkan sekretariat, akhirnya terkumpul simpatisan yang kebanyakan berasal dari kampus A. Simpatisan yang hadir dalam kegiatan ini sendiri bukan hanya dari anggota Ormawa, tapi juga diikuti oleh Mahasiswa umum di luar Ormawa yang ingin berpartisipasi.

Mulai dari tanaman liar, rumput-rumput merambat dan sampah plastik yang berserakan di samping gedung sekretariat Ormawa dibersihkan dengan gotong royong, gerakan ini merupakan inisiatif dari beberapa mahasiswa yang merasa resah dengan kondisi sekretariat Ormawa yang kotor dan tidak ada perubahan dalam hal kebersihan.

“Gua udah lumayan lama juga gitu bulak-balik di sekretariat Ormawa, ya gak ada perubahan dalam segi kebersihan dan tata letak barang dan benda,” ujar Rembo Mahasiswa umum dari jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) saat diwawancarai.

Rembo juga menambahkan bahwa kebersihan dari gedung sekretariat ormawa adalah tanggung jawab anggota Ormawa itu sendiri yang sehari-hari menggunakan bangunan ini, Kegiatan bersih-bersih ini sendiri harus menjadi rutinitas guna menjaga kebersihan dan kenyamanan penggunanya. Rembo sendiri tidak tergabung dalam Ormawa dan hanya mahasiswa umum yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan bersih-bersih ini.

Saat ditanya apakah sudah pernah memberikan saran kepada Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) terkait kebersihan, Rembo menuturkan bahwa sebelumnya sudah pernah memberi saran kepada BEM perihal kebersihan di sekretariat Ormawa tapi tidak ada tindak lanjut. Untuk kegiatan ini simpatisan berkoordinasi langsung dengan biro dan Office Boy (OB) dalam hal barang-barang dan peralatan untuk bersih-bersih yang salah satunya adalah kantong sampah.

Sebagai mahasiswa umum yang bukan anggota ormawa, Rembo juga memiliki pesan kepada anggota ormawa yang masih menggunakan sekretariat untuk melakukan kegiatan.

"Seenggaknya, dewasalah. Dan bijak dalam melakukan sesuatu," ucap Rembo saat diwawancarai.

 

Wartawan: Arriel Ahmadeuz Khrisna

Penulis: Harry Wijaya

Editor: Naptalia