Unlocked (2023), Malapetaka Teknologi dengan Segala Kemudahannya

Unlocked (2023), Malapetaka Teknologi dengan Segala Kemudahannya

Sumber gambar: Pinterest

 

 

LPM Progress - Film Unlocked, dirilis di Netflix pada 17 Februari 2023 dengan rating 84% menyukai film ini oleh pengguna Google. Jika kita terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, maka artinya "tidak terkunci" lantas apa yang ada dibenakmu? Apakah film ini membahas tentang pintu yang tidak terkunci? Atau hal-hal lain yang dianggap bisa dikunci dan tidak dikunci? Kalau kamu menangkap maknanya sebagai ponsel yang tidak terkunci, maka kamu benar. 

Film karya Kim Tae Joon yang menjadi karya debutnya sebagai sutradara menceritakan tentang dampak buruk teknologi dengan segala kemudahannya. Di awal film kamu akan disambut dengan penyelidikan polisi pada mayat seorang wanita yang ditemukan tewas mengenaskan, kemudian berlanjut pada scene layar handphone seperti saat kita mengunggah foto ataupun saat kita membalas pesan daring. Frame yang ditampilkan dalam film ini seolah mengajak penonton untuk ikut masuk pada kehidupan dan aktivitas tokoh utama bernama Lee Nami. 

Lee Nami (Chun Woo Hee) merupakan seorang pekerja di industri kecantikan. Perusahaannya tidak begitu besar, namun ia dikelilingi rekan kerja dan sahabat yang baik. Kehidupannya diperlihatkan amat apik meski hidup dengan ayah tunggal. Kisah Nami berputar 180° ketika ponsel miliknya tertinggal di bus dan ditemukan oleh seorang pria. Dari sini kita akan diperlihatkan aksi Oh Jun Yeong (Im Si Wan) dengan taktik tipu dayanya, ia seolah-olah menjadi penolong bagi Nami karena dengan cepat mengembalikan ponsel tersebut kepada pemiliknya. Nyatanya, ponsel Nami telah dipasangi spyware, dan Oh Jun Yeon memiliki akses penuh terhadap ponsel Nami. 

Ponsel akan terambil alih oleh Oh Jun Yeon ketika malam hari, saat Nami tidak lagi menggunakan ponselnya. Sebelum itu, Oh Jun Yeon mengamati bagaimana Nami menggunakan ponselnya beserta fitur-fitur di dalamnya, dan beberapa kali Oh Jun Yeon kerap bertemu secara langsung untuk melihat respon Nami. Ketika ponsel Nami sudah terambil alih, Oh Jun Yeon dengan bebas menggunakan ponsel milik Nami, salah satunya dengan mengambinghitamkan Nami pada sebuah postingan. Karena postingan ini, rekan kerjanya mulai menjauh, ia dibenci, hidupnya kalang kabut, kejadian ini pula membuat Nami ikut terpancing untuk memusuhi sahabatnya sendiri. Dalam sekejap orang-orang baik disekelilingnya hilang begitu saja. 

Film Unlocked memberikan kesan seram juga menekan lewat teror-teror yang diberikan. Ditambah peran Im Si Wan sebagai Oh Jun Yeon yang bukan hanya seorang pencuri data, tapi juga sebagai psikopat melalui wajah lugunya. Pengembangan karakter yang dilakukan oleh Chun Woo Hee pun juga terkesan rapih, tidak terlalu menampilkan sosoknya yang seperti superhero, namun lebih kepada karakter yang secara perlahan bangkit dengan didorongnya motivasi. Latar tempat yang ditampilkan juga beragam, penonton dapat melihat latar tempat online maupun offline yang digambarkan oleh sutradara. 

Di tengah apiknya sutradara menampilkan isu-isu teknologi, nampaknya sangat disayangkan film ini memiliki akhir yang menggantung. Meski dapat dikatakan akhir yang pas, semua mendapatkan ganjarannya, tetapi tetap identitas psikopat dalam mencuri identitas maupun mengontrol penuh kehidupan orang lain lewat ponsel tidak dijelaskan secara rinci. Penonton mungkin akan bertanya-tanya, mengapa Oh Jun Yeon dengan keji membuat korbannya kalang kabut hingga berakhir pada pembunuhan. Mungkin pesan dari kisah ini sudah tersampaikan penuh, dan latar belakang penjahat yang kurang rinci ini hanya menjadi pelengkap saja. Adapun bagian mengganjal bagi penonton ialah scene saat detektif membuka semua ponsel korban-korban, ia mendapati wallpaper ponsel para korban ialah wajah korban sendiri di akhir hayat mereka, termasuk anak sang detektif yang menjadi korban pertamanya. 

Teknologi-teknologi yang ditampilkan dalam film amat maju, kita bisa lihat bagaimana lihainya Im Si Wan berperan sebagai seorang reparasi ponsel, memasang aplikasi spyware hanya dengan tutorial dari YouTube dan berimprovisasi pada teknologi lainnya. Semua scene menegangkan yang telah diperlihatkan pada dasarnya untuk mengingatkan kita pada bahaya teknologi. Seperti yang kita ketahui, maraknya scam penipuan dari berbagai taktik maupun jenis, revenge porn, paket dan undangan palsu, malware pencuri data. Isu-isu inilah yang diperlihatkan sutradara pada film Unlocked. 

Unlocked sendiri bisa menjadikan kita untuk lebih mawas diri terhadap aktivitas online, mulai dari menjaga data kita agar tetap aman dan pastikan untuk lindungi data kita dari malware-malware yang tidak berguna. Bagaimana? Kamu masih berpikir bahwa ponselmu aman? Siapa tahu ada sosok Oh Jun Yeon yang sedang mengawasimu.

 

 

 

Penulis: Larashati Crita Annisa Siswoyo

Editor: Luthfiyyah Intan Suroto